Selamat Datang di Klikfatah.com ------- Selamat Datang di Klikfatah.com

Cara Merubah Tanggal dan Hari pada Jam Manual/Otomatis


Ilustrasi


Bismillah..., Alkhamdulillah penulis bisa posting lagi..



Kali ini Aku akan mencoba memberikan tips bagi yang punya jam manual atau otomatis. Langsung saja. Beberapa hari yang lalu Aku membeli Jam tangan Otomatis. Karena selama ini Aku belum pernah memakai jam tangan analog/Otomatis, selalu jam digital atau yang dual time (digital dan analog) jadi masing belum tau cara mengganti tanggal dan hari. Hari pertama memakai jam tangan, Penulis rubah tanggalnya karena tidak sesuai dengan tanggal hari itu. Tetapi yang membuat Aku bingung adalah Tanggal dan hari selalu berubah setiap jam 12.00 WIB siang.


Awalnya Aku masih belum begitu peduli, ku ganti lagi agar sesuai dengan tanggal hari ini, tetapi lagi-lagi tanggal dan hari selalu berubah jam 12 siang. Karena aku merasa terganggu dengan kondisi ini, ku coba googling cara menseting tanggal dan hari. Dapet sih, tapi tetap saja berubahnya jam 12 siang. Pernah dapet di Ka*ku*, tapi bilang bengini "Jam kamu perlu di bawa ke tukang servis". Padahal cuma seting tanggal. Waktu itu Ku pikir itu akal-akalan tukang servis, biar dapet orderan.

Hampir 1 minggu Aku coba merubah sendiri, tetap saja jam 12 siang ganti tanggal dan hari. Akhirnya Ku lihat buku manualnya, sama caranya, cuma diusahakan jam 12 malam mengganti tanggal dan hari. Di situ juga disebutkan agar jangan merubah tanggal dan hari pada pukul 09.00 dan 16.00, ga tau kenapa..

Buku manual sudah Ku ikuti caranya, tapi tetap saja tanggal berubah jam 12 siang. Awalnya Aku akan menyerahkannya ke tukang servis, karena Aku sudah ga bisa menseting lagi.

Waktu itu hari Jum'at, Karena sudah mendekati Shalat Jum'at, Ku singgah dulu di Masjid. Setelah selesai Shalat, Aku n Istriku mampir di warung Es (beli es). Sambil minum es, Ku lihati jam baruku, risih rasanya kalau punya jam bagus tanggal dan harinya ga bener. Sambil berpikir, seperti apa caranya agar jamku bisa mode waktu 24 jam. Karena selama ini jamku menggunakan mode 12 jam, jadi tanggal dan hari selalu berubah setiap jam 12 siang.

(Pikirku) Coba Jarum Jamnya ku putar 1 hari, mungkin bisa jadi 24 jam. Ku putar jarum jamnya yang awalnya jam 1 siang, Ku putar 1 hari kembali lagi ke jam 1 siang lagi, kemudian setelah itu Ku rubah tanggal dan harinya sesuai tanggal dan hari yang benar. Mudah mudahan bisa 24 jam dan tanggal akan berubah setiap 24 jam, pikirku.

Singkat cerita, sampai sore Aku tetap memantau tanggal dan hari jamku, eh ga berubah, bahkan sampai malam pun tanggal belum berubah. Esoknya paginya tanggal berubah sesuai keinginan, seneng deh hatiku...

Temen-temen, itulah suka duka Aku punya jam analog. Bagi temen yang baru punya jam analog (otomatis) yang tanggalnya belum beres karena mode jamnya 12 Jam, putarlah jarum jam 1 hari (misal dari jam 1 siang ke jam 1 siang lagi). setelah itu gantilah tanggal dan harinya, Insya Allah bisa. Kalau masih belum bisa, mungkin ada kesalahan pada mekanik jamnya, so perlu ke tukang servis. Semoga bermanfaat.

11 comments:

  1. saya mengalami hal yang sama. saya sedang coba cara ini semoga berhasil.

    ReplyDelete
  2. terimakasih infonya gan....saya juga punya masalah kaya begitu

    ReplyDelete
  3. Makasih infonya....sangat bermanfaat.

    ReplyDelete
  4. sebenarnya sederhana saja, jam yang manual pergantian waktunya setiap 24 jam, kalau kita menyetel jam posisi jam 12 ternyata tanggal tidak berubah, artinya saat itu adalah JAM 12 SIANG, tapi seandainya KETIKA KITA MENYETEL POSISI JAM 12 TANGGAL BERUBAH BERARTI ITU MENUNJUKKAN JAM 12 MALAM, nah tingggal disesuaikan saja apakah anda menyetel saat itu siang atau malam (misal jam 9 malam), kemudian SESUAIKAN SETELAN TANGGALnya.... BERESSSS DEH

    ReplyDelete
    Replies
    1. Namanya juga belum tau...

      Makasih dah nambahi...👍

      Delete
    2. This comment has been removed by the author.

      Delete
  5. Kasus saya persis diatas and voila...it works. Thanks ya...sangat berguna.

    ReplyDelete
  6. Terima kasih infonya gan.., sangat membantu sekali

    ReplyDelete
  7. mantabs.....kausunya sama...semoga bermanfaat...

    ReplyDelete