Selamat Datang di Klikfatah.com ------- Selamat Datang di Klikfatah.com

Cara Mudah Membuat Tabel di Corel Draw


Hmmm….., Sudah lama rasanya saya ga menulis lagi, yah biasa, kena virus malas..
Tapi baiklah, pada kesempatan ini saya coba sedikit berbagi pengalaman dengan aplikasi CorelDraw. Kali ini mencoba membuat table berukuran jumbo, misal ukuran kayu lapis (240 Cm x 120 Cm). Biasanya table-tabel ukuran besar ini ada di kantor-kantor pemerintah, sekolah, dan lain lain sebagai informasi baca cepat.


Papan data atau bisa disebut papan monografi biasanya ada di kantor-kantor sebagai informasi untuk mereka yang membutuhkan. Bagi yang tidak mau repot, kita bisa membeli yang sudah jadi atau pesan ke distributor pembuat papan data. Tapi bagi mereka yang suka kreatif alias suka buat sendiri pasti berkreasi.

Sebagai contoh, ini adalah papan monografi sekolah yang saya buat. Di papan monografi berisi data sekolah, data guru, perkembangan peserta didik, pekerjaan orang tua siswa, inventaris sekolah, dll. Papan ini sebagai penyedia informasi singkat pagi pihak yang berkepentingan dengan data sekolah, misal Kepala Sekolah, Pengawas, Komite Sekolah, dan pihak lain yang ingin tau informasi singkat dari sekolah atau lembaga tersebut.

Papan data di atas bisa dibuat dengan aplikasi CorelDraw atau Microsoft Excel. Yah, masing-masing memiliki kelebihan dan kekurangan. Tapi tidak saya bahas di sini.

Oke, kita langsung aja ke judul…
Membuat papan monografi di corel bisa dilakukan, tetapi agak lambat. Apalagi jika computer atau laptop yang digunakan termasuk kategori pas-pasan atau dipaksain menjalankan aplikasi Corel. Kenapa saya (saya ya) bilang lambat ? pertama, disamping alasan computer harus mendukung aplikasi tersebut, yang kedua, saat kita membuat tabel dengan banyak variasi, kita kerepotan dalam mendesain, baik ukuran tabel, jenis huruf, dll. Bagi komputer yang oke, proses tambah dan kurang tabel tidak masalah, tapi bagi computer saya, mau nambah atau mengurangi tabel, komputer saya perlu waktu beberapa detik untuk memprosesnya. Bagi saya ini mengganggu dan buang-buang waktu.

Dari alasan itu, saya coba buat tabel yang sama, tapi di Microsoft Excel. Di Microsoft Excel saya bisa mudah membuat banyak variasi tabel, diberi warna dan sekaligus menuliskan informasi apa yang akan ditampilkan dengan cepat. Perlu diingat, yang dibuat hanya tabelnya ya, desain lain diluar tabel dibuat di CorelDraw.

Baiklah setelah tabel diatas dibuat, langkah selanjutnya adalah mengCopy tabel yang sudah kita desain di Microsoft Excel.

Setelah tabel diCopy, paste-kan di halaman corel yang sebelumnya sudah kita siapkan. Kemudian sesuaikan ukuran tabel hasil copy dari Excel agar pas dengan desain papan data di CorelDraw. Jika desain sudah oke, langkah selanjutnya adalah mengkonversi dalam bentuk gambar atau lainnya dan siap cetak ke tukang sablon atau langsung cetak banner. Selesai.

Bagi saya ini memudahkan dan menghemat waktu. Untuk desain diluar tabel didesain sendiri sesuai dengan keinginan. Selamat mencoba.


No comments:

Post a Comment