Selamat Datang di Klikfatah.com ------- Selamat Datang di Klikfatah.com

Trik Mengedit Copy-an Tabel yang Terlalu Besar pada MS. Word



Bismillah. Penulis mau sharing lagi nih, dah lama tidak posting. Posting trik yang tidak sengaja Penulis lakukan. Otak-atik Ms. Word ceritanya, eh dapet ilmu akal-akalan lagi.. 

Suatu ketika penulis men-download file Silabus di internet. Biasa tugas guru. Tapi penulis sering kali kesal ternyata ukuran tabel sangat besar. Digeser-geser juga tidak memberi solusi. Akhirnya penulis akali dengan merubah ukuran kertas menjadi lebih besar (tidak ada di Paper Size) dengan maksud semua tabel terlihat. Sementara kita hanya punya kertas ukuran standar seperti A4 dan F4, tidak punya kertas atau printer ukuran A3 atau yang lebih besar.



Contoh sebelum diubah, ukuran A4 (panjang kertas 27.94 Cm)













Contoh setelah diubah, ukuran Custom (panjang kertas 40 Cm)

Yang membuat kesal adalah ketika tabel yang kita Copy ternya sangat besar, sehingga seolah-olah keluar layar monitor (lebay). Kita bingung, mau diapakan, sebagian tabel tidak terlihat. Digeser-geser juga masih belum terlihat. Sementara kita malas mengetik lagi atau Cuma ingin Copas saja.
Untuk mengatasi hal itu, ikutilah langkah-langkah berikut :

  1. Bukalah file tabel yang akan di edit
  2. Letakkan kursor pada lembar dokumen (di luar tabel)
  3. Klik “Page Layout  Margin  Custom Margin  Paper
  4. Pada pilihan “Paper Size” pilihlah “Custom Size”
  5. Penting !! Jika menggunakan lembar kerja PORTRAIT, ubahlah ukuran kertas yang awalnya Width / lebarnya 21.59 cm, ganti menjadi 40 atau 50 Cm (sampai semua tabel terlihat) dan Jika menggunakan lembar kerja LANDSCAPE, ubahlah ukuran kertasnya yang awalnya Width / lebarnya 27.94 cm, ganti menjadi 40 atau 50 Cm (sampai semua tabel terlihat)
  6. Setelah semua tabel terlihat, edit / aturlah kolom-kolomnya sekecil mungkin agar bisa terlihat jika menggunakan kertas ukuran A4 atau F4
  7. Jika sudah selesai, ubahlah ukuran kertas pada point 5 (lima) ke kertas yang anda inginkan (A4 atau F4)
  8. Kalau masih belum terlihat, ulangi lagi sampai sesuai dengan ukuran kertas yang diinginkan.
  9. Terakhir “Save”

Selamat mencoba, semoga membantu…


No comments:

Post a Comment